Tag Archives: kreatifitas

Mengulurkan Tangan

17 Aug

MENGULURKAN TANGAN

MEREKA MEMANG SERBA KEKURANGAN
NAMUN BUKAN SI PANJANG TANGAN
MEREKA JUGA TIDAK BUTUH BELAS KASIHAN
WALAU SEKEDAR INGIN SEBERAPA DIDEKATKAN
DENGAN TULUSNYA PERHATIAN DI KEHIDUPAN

MUNGKIN KALIAN SERBA KECUKUPAN
DENGAN APA YANG TELAH DILIMPAHKAN
SEPERTI YANG DIPENUHI GEMERLAPNYA PERHIASAN
ATAU TAKHTA YANG BERKIAS LISAN ‘BERLIAN’

NAMUN MEREKA JUGA TIDAK MENGHARAPKAN
LOGAM ATAUPUN KEPINGAN
BILA SEKIRANYA MEREKA PUNYA RUANG
UNTUK SEKEDAR
MENGERTI DENGAN PERASAAN
BAHWA INILAH KEBAHAGIAAN KEKELUARGAAN

LALU APA KALIAN PUNYA KEMAMPUAN?
UNTUK MENGGUNAKAN KELEBIHAN & KEKAYAAN
SEBAGAI CARA MEMINTA KEBAHAGIAAN
DARI TAKHTA TUHAN
DENGAN CARA MEMBERIKAN
KEPADA MEREKA YANG SELAGI KEKURANGAN
DAN JUGA MEMBUTUHKAN.

by: Bening Viaditya

*Makasih ya puisinya…:)

Sekotak Ide Sejuta Harapan

28 Jun

Hai people !!!

Have you tried this idea? give street children u’ve meet a box of milk? mungkin sebagian dari kalian sudah mencoba ide ini, lalu bagaimana reaksi mereka? apa yg kamu rasakan? apakah anak-anak jalanan tadi membalasmu dengan sebuah senyum termanis yang pernah kalina lihat 🙂

hhmmm…jika kalian belum pernah mencobanya, tak ada salah nya untuk memberi seorang anak jalanan yang kalian temui di perempatan-perempatan jalan di bawah terik matahari dengan sekotak susu…..atau mungkin kalian punya ide lain ? memberi sebatang coklat ? sebungkus permen ? sebuah kue ? sebuah jeruk atau buah segar ?

Apalagi sih hal lain yang bisa kita beri buat mereka? gak cuma uang lhoo…

ternyata ada banyak cara untuk berbagi dengan mereaka (anak-anak jalanan). Nih, coba deh kalian ingat-ingat…..selama belajar di sekolah, pasti pernah dong mendapat pelajaran keterampilan? menggambar? dan seni musik?

yup !!!!!

Ada cara lain yang gak kalah mengasyikannya untuk berbagi dengan anak jalanan. Cara nya mudah dan menyenangkan banget lho…..kalian cuma butuh kreatifitas dan luangkan waktu . Pasti banyak bgt ilmu-ilmu kreatif yang pernah kalian dapatkan, seperti ketrampilan membuat kalung dari gulungan kertas kalender yang digunting kecil-kecil, meronce bunga, membuat gelang dari kancing baju, membuat bros lucu dari kain flanel atau kain perca, membuat mozaik dari bahan daur ulang, membuat pembatas buku dari daun-daun yang dikeringkan, bermain musik dengan menggunakna botol-botol bekas ? dan pastinya masih banyak lagi ilmu kreatif praktis yang pernah kalian tahu atau lihat dari sekolah, keluarga, teman, majalah atau televisi. Kalau teman-teman perhatikan, hal-hal sepele tadi bisa menghasilkan uang, jika dikerjakan secara serius. Nah…ga ada salah nya khan kita berbagi ilmu kreatif tadi dengan anak-anak jalanan ? ?

gantungan kunci dari kain flanel

gantungan kunci dari kain flanel

Yup, kalian cukup luangkan waktu bersama anak-anak jalanan di bawah jembatan atau di pinggir-pinggir jalan, dikala mereka (anak-anak jalanan.red) sedang tidak ‘bertugas’ mengamen atau meminta-minta dari satu mobil ke mobil lain ketika lampu merah, itulah saat nya buat teman-teman bercengkrama dengan mereka, bermain dan mengajarkan ilmu kreatif praktis tadi.

Misalnya, teman-teman mengajarkan membuat gelang dari barang bekas,ketika kalian sudah selesai mengajarkannya dan mereka berhasil membuat sebuah gelang mungil yang cantik, selanjutnya ajarkan mereka untuk menjualnya kepada para pengendara kendaraan yg sdg berhenti di perempatan jalan. jadi, secara gak langsung teman-teman mengalihkan fokus mereka (anak-anak jalanan) yang tadinya meminta-minta menjadi menjual hasil karya mereka 🙂

aneka gelang menarik dari manik-maink

aneka gelang menarik dari manik-maink

Hmmmm…secara tidak langsung teman-teman telah mengajarkan keterampilan dan jiwa wirausaha pada anak-anak jalanan tadi, juga pada diri teman-teman, sapatau jadi punya ide buat membuka bisnis kerajinan tangan dan mempekerjakan anak-anak jalanan.hehe..

Jangan dikira anak-anak jalanan itu tidak kreatif. Mereka kreatif banget lhooo…coba aja perhatikan : mereka bisa menghibur para penumpang angkot dengan suaranya (yanga kadang merdu kadng jg tidak..hehehe 😛 ) dengan menggunakan alat musik yang sangat amat sederhana..Tepuk tangan !!!!! see ?! hehehehehe :p

so, why we do not help optimalized their talents ?

Kegiatan simple ini bisa dilakukan pada anak-anak jalanan yang ada disekitar lingkungan teman-teman. Coba lah ajak beberapa teman untuk sesekali menghabiskan waktu bersama anak jalanan dan mengajarkan ketrampilan praktis untuk anak-anak jalanan. kegiatan ini bisa jadi alternatif mengisi liburan teman-teman lhoo…atau keluar dari rutinitas sehari-hari yang mebosankan 🙂

Selamat mencoba ya…^^

Percaya deh, sekecil apapun kontribusi yang kita berikan, jika dilakukan bersama-sama bisa menjadi sebuah solusi yang baik 🙂

Everything starts from small action and single step

*Hugs from us~